Upaya Pencegahan Corona Virus (Covid-19)

pencegahan-covid-19



Assalamualaikum Wr. Wb...

Hay Sobat Sweet...
Akhir-akhir ini Corona Virus semakin menggegerkan seluruh dunia. Bagaimana tidak penyebarannya sangat cepat sekali. Semakin hari terlihat index yang semakin naik saja, memang banyak yang sembuh, namun angka kenaikan selalu ada setiap harinya. Sedangkan di Indonesia  sendiri semakin menjadi-jadi, dan tentunya menjadi kecemasan tersendiri bagi masyarakat luas. Untuk itu kita perlu mengetahui apa itu Corona Virus, bagaimana penyebarannya, serta upaya pencegahannya.

Sebenarnya apa sih Corona itu?

Dikutip dari https://covid19.kemkes.go.id Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19).

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-7265509654200579"
     data-ad-slot="2892691458"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

lalu bagaimana proses penyebarannya?

Sebenarnya dalam proses penyebarannya para ahli belum benar-benar mengetahui secara pasti melewati jalur mana saja. Akan tetapi untuk saat ini Corona Virus menyebar melalui tetesan kecil (droplet). Droplet adalah tetesan kecil yang keluar dari hidung atau mulut, biasanya keluar ketika seseorang sedang bersin maupun batuk. Droplet yang keluar akan menetes ke berbagai barang disekitar, seperti meja, kursi, gawai, buku, dan lain sebagainya. Adapun jangka waktu bertahan Virus Corona diberbagai macam benda sehari-hari, seperti:

1. Kaca
Virus Corona ternyata bisa bertahan di kaca juga, tak tanggung-tanggung masa hidup di kaca mencapai kurang lebih lima hari. Ternyata cukup lama juga, padahal kaca mempunyai permukaan yang licin, namun siapa sangka bisa bertaham selama itu.

2. Plastik dan Baja
Plastik merupakan benda yang sering kita jumpai diberbagai tempat dan sering kita gunakan pula. Baja pun demikian, walaupun tak sesering plastik namun baja juga termasuk barang yang sering kita gunakan seperti kendaraan: mobil, motor, dan sepeda. Pada plastik dan baja bisa bertahan kurang lebih 2 sampai 3 hari. Walaupun cukup lama namun paparannya akan semakin melemah.

3. Tembaga
Walaupun sekarang jarang digunakan ternyata Virus Corona dapat bersemayam di tembaga. Dikutip dari New York Times dan USAToday pada tembaga akan bertahan kurang lebih empat jam lamanya.

4. Udara
Siapa sangka, ternyata Virus Corona dapat bertahan diudara. Meskipun tidak terlalu lama namun perlu diwaspadai. Bagaimana tidak, Virus Corona akan mudah masuk melalui saluran pernafasan manusia. Meskipun dalam proses penelitian, para peneliti mulai mengungkap bahwa Virus Corona dapat bertahan di udara selama 10 sampai 30 menit. Adapula yang berpendapat hingga tiga jam.

5. Kertas
Melansir dari The New York Times, Virus Corona mampu menempel dikardus selama 24 jam. Meskipun resiko tertempelnya rendah namun kita harus tetap waspada.

6. Kayu
Meski masih dalam proses penelitian, namun kita perlu waspada, karena kayu merupakan benda yang permukaannya kasar. Maksudnya, pada kaca yang licin saja Virus Corona bisa bertahan selama beberapa jam, apalagi pada kayu yang permukaannya relatif kasar dan keras.

7. Sarung Tangan
Perlu diketahui jika kita menggunakan sarung tangan, kita harus sering mencucinya karena pada sarung tangan Virus Corona dapat bertahan hingga 8 jam.

Jika benda diatas terkena droplet, kemudian tersentuh baik sengaja maupun tidak oleh orang lain lalu orang tersebut menyentuh mata, mulut, maupun hidung, maka orang tersebut dapat terinfeksi Virus Corona. Jadi kita harus selalu waspada dengan berbagai barang yang ada dirumah. Maka dari itu penting untuk menjaga kebersihan diri dan benda-benda yang ada dirumah.


<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-7265509654200579"
     data-ad-slot="2892691458"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Bagaimana upaya dalam pencegahan Virus Corona?


Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu pengertian upaya, sebenarnya upaya itu apa sih?

Upaya adalah kegiatan yang dilakukan dengan menggerakkan badan, tenaga, dan pikiran untuk mencapai suatu tujuan.

Jadi upaya harus dilakukan bersama-sama. mengapa? 
Karena Virus Corona menyerang seluruh lapisan masyarakat, baik pria maupun wanita, tua maupun muda. Oleh karena itu kita harus bergerak bersama-sama membasmi Virus Corona sampai ke akar-akarnya.

Bagaimana caranya?


1. Selalu berdo'a
    
Berdo'a hal yang sangat penting untuk saat ini. Kita hanya bisa berusaha dengan sekuat tenaga, namun jika sudah kehendak Tuhan kita sebagai manusia bisa apa. Manusia sangat lemah, ilmu yang dimiliki hanya setetes dari luasnya lautan. Untuk itu kita harus selalu memohon perlindungan kepada-Nya, berpasrah diri dan tidak menyalahkan-Nya akan semua yang terjadi. Semua ada hikmah-Nya, mungkin ini peringatan atas segala sesuatu yang telah dilakukan manusia terhadap alam.

2. Ikuti dan patuhi apa yang sudah menjadi program pemerintah

Dalam menanggapi Virus Corona Pemerintah mengeluarkan kebijakan salah satunya Social Distancing, #dirumahsaja. Kedua program tersebut semata-mata bukan sekedar gurauan belaka, namun harus benar-benar kita laksanakan. Memang semua keputusan menimbulkan pro dan kontra, namun upaya mesti nya harus kita laksanakan dengan penuh kesadaran, karena jika hanya kebijakan belaka maka tak ada gunanya.

3. Menjaga Kebersihan diri dan benda yang ada disekitar

Sangat Penting untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan sekitar, mengingat Virus Corona mampu hidup cukup lama diberbagai benda yang ada disekitar. Untuk itu kesadaran akan kebersihan harus benar-benar kita perhatikan bersama.

4. Terapkan Etika

Etika adalah hal yang sangat penting. Terlebih pada orang yang sedang sakit. Etika disini yaitu etika seseorang bersin maupun batuk. Seseorang yang bersin maupun batuk harus menutupi dengan masker, atau jika tidak menggunakan masker maka harus memakai tisu atau sapu tangan, jika tidak ada hendaknya kita batuk dan bersin di sebelah lengan kiri. Hal itu bertujuan agar Virus tidak menyebar ke orang lain di sekitar. Perlu diperhatikan pula pakaian yang baru dipakai harus langsung kita cuci.

5. Makanan Masak

Maksud dari makanan masak yaitu makanan yang harus kita masak terlebih dahulu. Virus akan mati jika kita panaskan pada suhu tertentu. Makanan yang masak akan lebih higienis dan tentunya baik untuk kesehatan manusia.

6. Jangan Panik

Sangat penting menjaga diri sendiri agar tidak panik. Mengapa? Karena kepanikan akan menjadikan imunitas dalam tubuh menurun, hal itu menimbulkan virus mudah untuk menginfeksi tubuh. Jadi kita harus tenang dan tetap berfikir positif.


Itulah upaya-upaya yang dapat kita laksanakan dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab dalam menjegah penyebaran Virus Corona.

Terimakasih sudah mampir...

Jangan lupa Share dan Subscribe...

Semoga bermanfaat...


Wassalamualaikum Wr. Wb...



#Santuy
#dirumahsaja
#janganpanik


<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-7265509654200579"
     data-ad-slot="2892691458"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>




0/Post a Comment/Comments

Berkomentarlah dengan Bijak!

Previous Post Next Post