Kriteria Makalah yang Baik dan Benar & Cara Membuat Lengkap dengan Contoh dan Gambar | IDSweet Story

IAIN Pekalongan Gedung FTIK


Makalah Yang Baik Dan Benar - Assalamualaikum wr wb... Kali ini sweet akan membuat sebuah artikel tentang cara membuat makalah yang baik dan benar lengkap dengan contoh dan cara membuatnya.


Apa itu Makalah?


Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang pembahasannya tentang sebuah permasalah tertentu. Sedangkan menurut salah satu ahli Surakmad, makalah adalah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok persoalan.

Makalah biasanya menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa, sebenarnya tidak hanya mahasiswa, pada tingkat sekolah terkadang sudah ada tugas untuk membuat makalah. Makalah juga digunakan oleh beberapa orang untuk membuat sebuah laporan tentang suatu permasalahan yang sedang terjadi.

Walaupun tidak asing bagi mahasiswa, namun beberapa pasti ada yang belum benar-benar bisa membuat makalah. Terkadang membuat makalah hanya copy-paste (COPAS). Padahal copas ada sesuatu yang tidak terpuji, dan termasuk plagiat (Plagiasi).

Apa itu Plagiasi?


Mengutip dari wikipedia.org, bahwasanya Plagiarisme atau sering juga disebut dengan plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. Singkat kata, plagiat adalah pencurian karangan milik orang lain. Dapat juga diartikan sebagai pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain yang kemudian dijadikan seolah-olah miliknya sendiri. Setiap karangan yang asli dianggap sebagai hak milik si pengarang dan tidak boleh dicetak ulang tanpa izin yang mempunyai hak atau penerbit karangan tersebut. Sesudah 2 × 24 jam berita surat kabar tersiar, maka seseorang dapat mengambil alih dengan syarat harus menyebutkan sumbernya. Plagiarisme juga tidak mengacu ke pada hasil karya tulisan saja melainkan juga hasil karya musik, desain, dll.

Bagaimana? masih mau plagiasi? sudah jelaskan bahwasanya plagiasi bukan hal yang terpuji, bahkan pelakunya bisa dipidana, karena memang sebuah karya ada yang berlisensi dan otomatis terlindungi oleh undang-undang hak cipta. Makanya kita harus selalu berhati-hati dalam membuat sebuah makalah. Dari penjalasan diatas kita sudah mengetahui pengertian makalah dan plagiasi. Kita lanjut ke ciri-ciri dari makalah yang baik dan benar.


Bagaimana ciri-ciri Makalah yang baik dan benar?


1. Karya Asli

Karya asli, Maksudnya karya yang dibuat benar-benar karya asli atau tidak termasuk plagiasi. Biasanya makalah yang baik jika di cek dengan sebuah alat plagiasi tidak mencapai 24%. Jika tidak mempunyai alat untuk mengecek persentase plagiasi, kita bisa cek secara online pada website Turnitin.

2. Akurat dan Menyeluruh
Makalah harus akurat dan menyeluruh, harus menyajikan sebuah fakta bukan sebuah opini, obyektif atau sesuai dengan obyek yang dikaji serta harus tuntas.

3. Sumber yang Dapat Dipercaya
Sangat penting untuk diperhatikan. Bahwasanya makalah harus mempunyai sebuah referensi. Referensi juga yang dapat dipercaya. Biasanya ada aturan tersendiri mengenai referensi-referensi yang harus digunakan.

4. Seimbang
 Makalah harus seimbang. Pembahasan dalam makalah harus mempunyai sudut pandang yang obyektif, maksudnya harus memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing, serta tidak menjatuhkan.

5. Tertata
Makalah harus tertata dengan baik, dengan tujuan yang jelas dan sesuai dengan aturan kepenulisan yang ada.

6. Kajian Literatur, Laporan Pelaksanaan atau Laporan Lapangan

Ciri-ciri yang kedua yaitu merupakan hasil kajian literatur, laporan pelaksanaan, atau kegiatan lapangan. Makalah yang baik harus harus masuk salah satu dari ketiga jenis yang ada diatas.

Apa saja karakteristik dari sebuah Makalah?


1. Makalah membahas atau menelaah suatu kajian literatur yang sudah ada atau dari laporan pelaksanaan kegiatan lapangan.
2. Makalah umumnya dibuat untuk dipresentasikan pada suatu seminar, sidang, atau diskusi.
3. Bagian pokok yang harus ada pada makalah adalah Pendahuluan, Isi, dan Kesimpulan.

Contoh Makalah?

Klik link berikut Makalah Balaghah Ilmu Badi'


























0/Post a Comment/Comments

Berkomentarlah dengan Bijak!

Previous Post Next Post